Log in

Sampang

Informasi Geografi Kabupaten Sampang

Kabupaten Sampang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Pulau Madura selain Kabupaten Bangkalan,Pamekasan dan Sumenep.Kabupaten ini terletak pada l13°08' hingga 113°39' Bujur Timur dan 06°05' hinga 07°13'Untang Seratan.

Batas Daerah, di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa.Disebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Pamekasan.Di sebelah selatan berbatasan dengan Selat Madura. Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Bangkalan.

Secara umum wilayah Kabupaten Sampang berupa daratan, terdapat satu pulau yang terpisah dari daratan bernama Pulau Mandangin/Pulau Kambing.

Luas wilayah Kabupaten Sampang yang mencapai 1233,33 Km² habis dibagi menjadi 14 kecamatan dan 186 desa/ Kelurahan. Karena lokasi Kabupaten Sampang berada di sekitar garis khatulistiwa,maka seperti kabupaten lainya di Madura, wilayah ini mempunyai perubahan iklim sebanyak 2 jenis setiap tahun, musim kemarau dan musim penghujan. Bulan Oktober sampai Maret merupakan musim penghujan sedangkan musim kemarau terjadi pada bulan April sampal September.

 

Keadaan Geografis dan Iklim

Kabupaten Sampang terletak di sekitar garis khatullstiwa dengan iklim tropis,musim penghujan biasanya terjadi pada Oktober sampai Maret,musim kemarau biasanya terjadi pada April sampai September.

Rata•rata hari hujan tertinggi terdapat di Kecamatan Torjun dan Karangpenan,sedang yang terendah terdapat di Kecamatan Camplong,Sokobanah. Rata-rata curah hujan bulanan tertinggi terdapat di Kecamatan Banyuates dan Kedungdung, sedang yang terendah terdapat di Kecamatan Sokobanah dan Pangarengen. Bulan-bulan dengan curah hujan tinggi terjadi pada Januarl dan Desember,sedang bulan dengan curah hujan paling rendah terjadi pada Agustus dan September.

Area sawah di Kabupaten Sampang diairi oleh tiga jenis sumber air yaitu air hujan,air sungai dan air tanah. Sawah yang diairi oleh air hujan seluas 11.082 Ha,air sungai seluas 5.712 Ha dan sawah yang di airi oleh air tanah seluas 226,70 Ha.Kecamatan yang menggunakan sumber pengalran air tanah adalah Kecamatan Sampang,Ketapang,Torjun.

 

Keadaan Umum Geografis Sampang

kondisi-geografi-sampangkondisi-geografi-sampang



nama-dan-panjang-sungai-menurut-wilayah-pengairannama-dan-panjang-sungai-menurut-wilayah-pengairan


  • Ditulis oleh Madurapedia
  • Kategori: Sampang

Informasi Pendidikan Sampang

Pada tahun ajaran 2012/2013 jumlah murid dan guru di SD Swast,SLTP Negeri dan Swasta, MTs dan MA meningkat dibandina tahun sebelumnya,sedangkan SD lnpres,MI dan SLTA Swasta meurun dibanding tahun sebelumnya.

Sebagi bagian dari budaya keagamaan yang masih melekat kuat,banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya dipondok pesantren dan diniyah awaliyah sehingga jumlah murid,guru dan sekolah juga meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Angka partisipasi sekolah paling tingki di pendidikan dasar,kemudian menurun seiring makin tingginya jenjang pendidikan.Sedangkan angka putus sekolah menunjukkan tren yang sebaliknya,rendah pada jenjang pendidikan dasar namun teerus meninggi seiringnya tingginya jenjang pendidikan.

Pada tahun 2012 jumlah penderita diare dan gastroenteritis yang disebabkan infeksi TTT setiap tahunnya masih cukup tinggi,sebanyak 692 kasus,meskipun relatif lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.Sehingga perlu disusun langkah-langkah strategis untuk lebih mengurangi jumlah penderita.

 

DATA PENDIDIKAN KABUPATEN SAMPANG DALAM TABEL DAN GRAFIK


Infografi-Pendidikan-disampangInfografi-Pendidikan-disampang


Infografi-Pendidikan-disampang-2Infografi-Pendidikan-disampang-2

banyaknya-santri-dan-ustadbanyaknya-santri-dan-ustad

  • Ditulis oleh Madurapedia
  • Kategori: Sampang

Informasi Perekonomian Sampang

EKONOMI SAMPANG DALAM GRAFIK

 

Industri,Pertambangan dan Energi

 Dari Tahun ke tahun jumlah industri di Kabupaten Sampang mengalami kenaikan,sehingga penyerapan teneaga kerja,nilai produksi dan nilai investasi ikut mengalami kenaikan.Meski sektor industri bukan populer,namun sektor ini telah menyerap 4.834 tenaga kerja.

Dari sektor air minum,jumlah pelanggan di PDM Kabupaten Sampang mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya.Jumlah air yang disalurkan juga mengalami kenaikan,demikian juga nilai produksinya.

Produksi listrik pada tahun 2012 mengalami peningkatan dan sebagian besar listrik yang dihasilkan disalurkan ke rumah tangga dan usaha.

Perdagangan

Selama tahun 2006-2012 usaha perdagangan di Kabupaten Sampang di dominasi oleh usaha perdagangan kecil.Hal ini terlihat dari surat ijin usaha perdagangan yang diterbitkan oleh kantor pelayanan,Perijinan dan penanaman modal Kabupaten Sampang.Penerbitan surat ijin usaha perdagangan paling banyak terjadi pada tahun 2011 untuk usaha perdagangan kecil dan pada tahun 2008 untuk perdagangan menengah.sedangkan untuk usaha perdagangan besar diterbitkan paling banyak pada tahun 2010.

Sebagai salah satu sarana perekonomian,keberadaan koprasi di Kabupaten Sampang cukup menggembirakan.Jenis koprasi di Kabupaten Sampang terdiri dari 23 jenis,mulai dari Koprasi Pusat,Koprasi Unit Desa,Koprasi Pegawai Republik Indonesia,Koprasi Wanita, Koprasi Pasar,sampai dengan Koprasi Serba Usaha.Pada tahun 2011 koprasi di Kabupaten Sampang berjumlah 415 usaha,dan berkembang pada tahun 2012 menjadi 440 usaha.

 




























  • Ditulis oleh Madurapedia
  • Kategori: Sampang

Informasi SDA dan SDM Sampang

Informasi Kependudukan, Tingkat Pendidikan dan Pencari Kerja Kabpupaten Sampang Dalam Grafik dan Angka



kependudukan-dan-ketenagakerjaankependudukan-dan-ketenagakerjaan



penduduk-laki---laki-dan-wanitapenduduk-laki---laki-dan-wanita




ketenagakerjaan-sampangketenagakerjaan-sampang



PNS-menurut-Tingkat-PendidikanPNS-menurut-Tingkat-Pendidikan



sda-sampangsda-sampang

  • Ditulis oleh Madurapedia
  • Kategori: Sampang
Sportbook sites http://gbetting.co.uk/sport with register bonuses.