Log in

( Juara Ke-2 ) Ide Untuk Suramadu – 'Golden Gate Bridge' Dari Indonesia

  • Diterbitkan di Sketsa

Assalamualaikum, Tretan!

Indonesia punya Jembatan antar pulau yang megahnya bukan main, yakni JembatanSuramadu. Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) merupakan jembatan antar pulau di Indonesia yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura. Dengan panjang 5438 m (sumber:wikipedia.org) 'Golden Gate Bridge'-nya Indonesia ini diharapkan mampu mempercepat pembangunan di Pulau Madura.

Bukan hanya pembangunan, Jembatan Suramadu diharapkan mampu menjadi ikon Indonesia yang baru, khususnya Jawa Timur dan Pulau Madura. Pulau Madura sendiri memiliki berbagai macam kelebihan di sektor pariwisata misalnya obyek wisata 'Api Tak Kunjung Padam' di Pamekasan, Pemandian Sumber Otok di Sampang, dan masih banyak lagi obyek wisata di Pulau Madura.

Kemudian, apa itu BPWS? BPWS (Badan Pengembangan Wilayah Suramadu) adalah badan resmi yang dibentuk pemerintah yang memiliki tugas utama yakni mengembangkan pembangunan di wilayah Pulau Madura dan sekitarnya. Tugas lainnya dari BPWS yaitu membangun infrastruktur perhubungan antarwilayah kepulauan, membangun dan mengelola wilayah di sekitar Jembatan Suramadu yang jumlah luasnya sekitar 1800 ha, serta melakukan fasilitasi dan stimulasi percepatan pertumbuhan ekonomi di wilayah Madura dan sekitarnya.

Kali ini, Saya akan membahas beberapa ide yang mungkin bisa dilakukan warga di sekitar Jembatan Suramadu dan BPWS untuk membangun infrastruktur di wilayah sekitar Jembatan Suramadu yang nantinya semakin bisa memajukan wilayah Jawa Timur khususnya Madura.

Suramadu Bridge Patrol

Sempat diberitakan bahwa lampu dari Jembatan Suramadu dicuri. Akibatnya, separuh dari Jembatan Surabaya gelap gulita.

Agar kejadian ini dapat dihindari lagi, pihak Pemerintah Jawa Timur bisa menugaskan Polisi yang secara rutin berpatroli di sekitar Jembatan Suramadu. Pemasangan CCTV juga bisa dipasang di sudut-sudut Jembatan Suramadu yang 'rentan'. Selain mencegah pencurian seperti yang sudah disebutkan tadi, satuan polisi yang berpatroli di sekitar Suramadu juga dapat memantau kondisi lalu lintas, baik di jalan tol Suramadu ataupun lalu lintas di perairan sekitar Jembatan Suramadu.

Suramadu Fireworks Show

Dari gambar di atas, Suramadu memiliki pemandangan malam yang indah. Bagaimana jika pemandangan indah itu dikombinasikan dengan sebuah pertunjukan kembang api seperti yang ada di luar negeri? Sebagai contoh, pada 13 September 2014 lalu, di Forth Road Bridge, Skotlandia telah diadakan festival untuk memperingati hari jadi jembatan itu yang ke-50. Berikut videonya.

Konsep dari Firework Show yang ada di Forth Road Bridge bisa saja diadakan di Jembatan Suramadu. Memang ada konsekuensinya mengadakan acara seperti itu seperti ditutupnya tol, biaya yang besar, dan akses laut yang terpaksa dihentikan. Namun, Saya yakin penyelenggaranya nanti bisa mengatasi masalah-masalah tersebut. Acara semacam atraksi kembang api tersebut bisa dilakukan pada saat Hari Kemerdekaan Indonesia, Tahun Baru Masehi, atau hari-hari besar lainnya. Tentunya, banyak wisatawan yang rela menghabiskan uangnya untuk pertunjukan yang megah seperti itu. Para wisatawan yang ingin melihat kembang api dari selat yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulau Madura bisa menggunakan perahu wisata yang nantinya bisa mengantarkan para wisatawan ke tengah-tengah selat. Pertunjukan seperti itu mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Jembatan Suramadu mungkin bukan menjadi ikon saja, melainkan obyek wisata andalan dari Jawa Timur.

Percepatan Pembangunan Di Pulau Madura Dan Sekitarnya

Jembatan Suramadu, layaknya seorang bayi, perlu dirawat secara baik dan rutin. Pemerintah bisa menurunkan tim khusus yang membersihkan, merawat, dan memperbaiki Jembatan Suramadu. Selain merawat jembatan itu sendiri, penambahan ruang terbuka hijau di sisi pintu masuk, baik dari Surabaya maupun Madura, dapat memberikan kesan asri dan 'hijau' dari Jembatan Suramadu itu sendiri.

Sebenarnya, Pulau Madura berpotensi menjadi Pulau wisata seperti Pulau Bali. Jembatan Suramadu merupakan bukti pemerintah dalam mempercepat pembangunan di 'Pulau Garam' ini. Pulau Madura perlu menambah fasilitas umum di berbagai sektor, entah itu sekolah, obyek wisata, atau pusat penelitian. Konsep tata ruang di sekitar Jembatan Suramadu perlu diperhatikan juga mengingat masih banyak lahan di Pulau Madura yang belum dimanfaatkan, baik oleh pemerintah maupun penduduk Pulau Madura sendiri. Pembangunan taman untuk wisatawan atau pusat oleh-oleh bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dibangun di sekitar Jembatan Suramadu. Pembangunan fasilitas transportasi perlu ditingkatkan lagi. Jika Bandara Trunojoyo bisa menjadi bandara internasional, wisatawan mancanegara bisa langsung terbang ke Madura.

Bekas Jembatan Rel KA yang Ada di Sumenep, Madura

Setelah sempat googling dan menemukan blog yang membahas kereta api di Pulau Madura (sumber:http://dipomojosari.blogspot.com/2014/01/jalur-mati-kereta-api-di-tanah-madura.html) Saya rasa kereta api di Pulau Madura perlu 'dibangkitkan' juga untuk mempercepat pembangunan Pulau Madura. Apabila jalur-jalur kereta yang telah 'mati' di Pulau Madura bisa 'dibangkitkan, jalur-jalur tersebut bisa dihubungkan dengan Pulau Jawa melalui tunnel atau terowongan bawah laut. Meski biaya yang dihabiskan cukup besar nantinya, manfaat yang dirasakan dari kereta api di Pulau Madura sangat sepadan tentunya.

Dengan mempercepat pembangunan di Pulau Madura, Pulau Madura akan menjadi pulau wisata yang berpotensi sangat mendunia yang dari Indonesia. Hal ini tentu perlu didukung oleh berbagai pihak, entah itu pihak pemerintah ataupun masyarakat Pulau Madura dan sekitarnya. Kontribusi yang besar dari masyarakat menjadi penentu maju tidaknya suatu daerah.

Beri Tahu Dunia Tentang 'Surga' Madura!

Bule kebanyakan berpikir kalau Pulau Bali menjadi destinasi utama mereka. Sebagai warga Jawa Timur, Saya ingin mengenalkan 'Pulau Bali' yang berada di Propinsi Jawa Timur, yakni Pulau Madura. Pulau Madura bisa jadi destinasi wisata yang bisa lebih 'meledak' dari Bali, Manado, bahkan Raja Ampat sekalipun.

Pantai Saebus, Pulau Kangean.

Pada laman Pulau Madura di situs Wikipedia (wikipedia.org/wiki/Pulau_Madura), Pulau Madura sangat kaya akan budaya, kesenian, dan destinasi wisata dari ujung barat sampai ujung timur Pulau Madura. Pulau Madura juga terkenal dengan wisata religi-nya. Pulau Madura juga memiliki benteng peninggalan VOC juga, yaitu Benteng Kalimo'ok.

Selain objek wisata yang memukau, Madura sendiri kaya akan budaya aslinya. Sebut saja pacuan sapi ala Madura yang dikenal karapan sapi. sumber : id.wikipedia.org/wiki/karapan_sapi

Karapan Sapi menjadi ikon dari Pulau Madura selama bertahun-tahun. Selain Karapan Sapi, Pulau Madura juga punya budaya yang unik yakni Balapan Kelinci.

Selain balapan yang unik di Pulau Madura, ada beberapa seni tari yang tak kalah menarik dan unik dari wilayah Indonesia yang lainnya seperti Tari Moang Sangkal, Tari Codi' Somekkar, Tari Gambu. Selain itu, kesenian musik gambus dari Madura punya keunikan tersendiri. Di daerah Saya, Jember, musik gambus dari Margono ataupun Sukur dari OM. Putra Buana sering didengar. Pulau Madura juga punya barang tekstil yang sangat-Madura yaitu Batik khas Madura. Batik dari Madura punya corak dan warna yang berani seperti tumbuh-tumbuhan dengan warna merah atau kuning.

Jikalau Pulau Madura bisa menjadi pulau wisata seperti Bali, BPWS selaku badan pelaksana dari pemerintah yang menangani masalah pengembangan wisata di wilayah Surabaya dan Madura pastinya bisa membuat promosi yang sangat menghemat biaya. Contohnya dengan merangkul blogger dari Madura. Blogger punya andil besar dalam mempromosikan suatu daerah, terutama Travel Blogger. Saat ini, komunitas blogger Madura, plat-m.com, sudah banyak mempromosikan Pulau Madura.

Tampilan Situs plat-m.com

Plat-M.com sendiri sudah sekitar 5 tahun berdiri. Dengan tagline "MENDUNIAKAN MADURA!", Plat-M.comrajin-banget memberikan berbagai informasi tentang berbagai hal mengenai Pulau Madura. Orang yang mau ke Madura wajib baca post di plat-m.com dulu biar nggak bingung mau pilih objek wisata yang mana di Pulau Madura.

Selain blogger, para penyedia jasa pariwisata bisa membuat semacam paket wisata. Paket wisata Madura bisa dijadikan 'pendorong' untuk mengundang banyak wisatawan (terutama mancanegara) untuk datang ke Pulau Madura. Berikut ini contoh dari paket wisata yang bisa jadi pilihan yang menarik wisatawan :

  1. The Madura Ethnic and Cultural Tour (Wisata budaya di seluruh Pulau Madura. Menampilkan berbagai budaya dan kesenian asli Pulau Madura serta mengunjungi obyek wisata khas Pulau Madura. Paket wisata seperti ini perlu dipromosikan dan dikenalkan secara luas untuk mengenalkan budaya Madura yang unik.)
  2. Wisata Religi Pulau Madura (Tujuan wisatanya yakni tempat-tempat bersejarah di Pulau Madura yang bernuansa religi. Hal ini juga bisa menjadi sarana edukasi guna mengetahui peninggalan para penyebar agama Islam di Pulau Madura.)
  3. Wisata Antar-Pulau (Kepulauan di sebelah timur Pulau Madura menjadi tujuan utamanya. Keindahan pantai di pulau-pulau sebelah timur Pulau Madura bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan)

Tiga contoh paket wisata di atas tentunya mampu menarik wisatawan domestik maupun luar negeri. Dengan banyaknya wisatawan yang datang ke Pulau Madura, Jembatan Suramadu pastinya lebih sering dilewati oleh berbagai wisatawan sehingga Jembatan Suramadu menjadi ikon yang sangat melekat.

Jadi?

Kesimpulan akhir dari ide-ide Saya yaitu jadikan Pulau Madura sebagai destinasi wisata para wisatawan, pembangunan transportasi yang memadai, dan promosi besar-besaran dari Madura.

Wassalam!

Juara 2 Penulisan Lomba Blog "aku, BPWS dan Madura" | Sumber Asli

Terakhir diubah padaKamis, 18 Desember 2014 17:58
Sportbook sites http://gbetting.co.uk/sport with register bonuses.